Syarat Akademik Sertifikasi Dosen

15 05 2013

Syarat Akademik

Persyaratan akademik Sertifikasi Dosen 2013 sebagai berikut :

Program Studi Doktor

  1. Memiliki ijazah S2 atau setara sesuai dengan kompetensi bidang ilmunya. Ijazah S2 diutamakan yang linear dengan program studi yang dituju, kecuali untuk program S3 Kedokteran konsentrasi Ergonomi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kajian Budaya dan Pariwisata.
  2. IPK pada pendidikan sebelumnya minimal 3,0. Jika IPK kurang dari 3,0 maka yang bersangkutan harus mendapat rekomendasi dari bekas pembimbing atau pakar di bidangnya bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan doktor.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL 500 atau IELTS 5.5. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk, namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai yang dipersyaratkan sebelum ujian komprehensip dilaksanakan.
  4. Lulus Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh panitia Unud dengan nilai minimal 500.
  5. Mengusulkan topik penelitian yang berada dalam lingkup ilmu yang akan dikembangkan, disusun dalam bentuk kerangka usulan penelitian.
  6. Menunjukkan karya ilmiah yang telah dipublikasi (bagi yang telah memiliki) pada majalah ilmiah yang memiliki ISSN bertaraf nasional atau internasional.
  7. Melampirkan laporan penelitian 5 (lima) tahun terakhir di bidang ilmu yang berkaitan dengan ilmu yang ditekuni (bagi calon mahasiswa yang telah memiliki), diutamakan yang telah diterbitkan pada majalah ilmiah dengan ISSN atau disajikan dalam seminar atau pertemuan ilmiah lain tingkat nasional atau internasional.
  8. Lulus ujian seleksi penyelenggara seleksi

Program Studi Magister

  1. Memiliki ijazah S1 atau setara sesuai dengan kompetensi bidang ilmunya. Ijazah S1 diutamakan yang linear dengan program studi yang dituju, kecuali untuk program Ergonomi, Kajian Budaya, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Pariwisata.
  2. IPK pada pendidikan sebelumnya minimal 2.75 Jika IPK kurang dari 2.75 maka yang bersangkutan harus mendapat rekomendasi dari bekas pembimbing atau Dosen di bidangnya bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan magister. Bagi yang memiliki ijazah D4 sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang dipilih dengan IPK ≥ 3.00, dan setelah diterima wajib mengikuti matrikulasi dengan bobot 12 SKS.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL 400 atau IELTS 4.0. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk, namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai 400 sebelum ujian komprehensip/proposal dilaksanakan.
  4. Lulus Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh panitia dengan nilai minimal 400.
  5. Mengusulkan topik penelitian yang berada dalam lingkup ilmu yang akan dikembangkannya yang disusun dalam bentuk kerangka usulan penelitian (proposal).
  6. Lulus seleksi ujian masuk penyelenggara seleksi

Program Studi Dokter Spesialis Combined Degree

  1. Calon mahasiswa harus memiliki ijazah dokter umum.
  2. IPK pada pendidikan sebelumnya minimal 2.75. Jika IPK kurang dari 2.75 maka yang bersangkutan harus mendapat rekomendasi dari bekas pembimbing atau Dosen di bidangnya bahwa yang bersangkutan mampu mengikuti pendidikan magister
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan bukti nilai TOEFL 400 atau nilai IELTS 4.0. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk, namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai yang dipersyaratkan sebelum ujian komprehensip dilaksanakan.
  4. Lulus Tes Potensi Akadenik (TPA) yang diselenggarakan oleh panitia Unud dengan nilai minimal 400.
  5. Mengusulkan topik penelitian yang berada dalam lingkup ilmu yang akan dikembangkan, disusun dalam bentuk kerangka usulan penelitian (proposal).
  6. Lulus ujian seleksi masuk penyelenggara seleksi

Profesi Akuntansi

  1. Memiliki ijazah S1 Program Studi Akuntansi dari program studi yang terakreditasi minimal C
  2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL 400 atau IELTS 4.0. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk, namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai 400 sebelum menyelesaikan studi. Jika nilai ini tidak dicapai pada awal pendaftaran, calon dapat diterima sebagai mahasiswa jika lulus testing masuk namun harus dilakukan tes ulang sehingga mencapai nilai 400 sebelum menyelesaikan studi
  3. Lulus Tes Potensi Akademik yang diselenggarakan oleh panitia dengan nilai minimal 400.
  4. Lulus seleksi masuk yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Indonesia Komite Evaluasi dan Rekomendasi Pendidikan Profesi Akuntan (IAI-KERPPA).
  5. Lulus seleksi masuk penyelenggara seleksi

Profesi Apoteker

  1. Memiliki ijazah S1 farmasi dari program studi farmasi yang terakreditasi minimal C.
  2. IPK pada pendidikan sebelumnya minimal 2,5 dengan lama studi kurang dari 14 semester
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL 400 atau IELTS 4.0 dan nilai TPA (Tes Potensi Akademik) minimal 400.
  4. Lulus seleksi masuk penyelenggara seleksi

Profesi Dokter Hewan

  1. Memiliki ijazah S1 Kedokteran Hewan.
  2. IPK pada pendidikan sebelumnya minimal 2,75
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL 400 atau IELTS 4.0 dan nilai TPA (Tes Potensi Akademik) minimal 400.
  4. Lulus seleksi masuk penyelenggara seleksi
About these ads

Aksi

Information

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.324 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: